ICON-WEB-YAYASAN

EKONOMI

YAYASAN SOMATUA bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga pemerintahan dan swasta mengelolah potensi alam Papua yang kaya demi mensejahterakan masyarakat. melalui program di bidang ekonomi Yayasan Somatua membantu masyarakat Papua dari wilayah pegunungan di Kabupaten Intan Jaya sampai ke pesisir Kabupaten Mimika. Yayasan Somatua membantu pengembangan potensi Kopi, Garam gunung, Sagu & Wisata pesisir.

KOPI

Potensi Kopi Arabica di wilayah Kabupaten Intan Jaya pada ketinggian 1957 mdpl sangat menjanjikan. Masyarakat lokal masih mengelolah traditional untuk tujuan ekonomi skala kecil.

Yayasan Somatua bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah melakukan pengelolaan yang lebih profesional sehingga bisa dikenal lebih luas.

GARAM GUNUNG

Garam gunung yang berlokasi di Distrik Wandai Kabupaten Intan Jaya telah dimanfaatkan oleh masyarakat lokal sejak dahulu namun diolah secara tradisional.

Yayasan Somatua membantu masyarakat mengelolah garam yang bersumber dari air asin di pengunungan dengan cara modern, agar dapat dipasarkan secara lebih luas demi menunjang perekonomian masyarakat.

SAGU

YAYASAN SOMATUA bekerja sama dengan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme & Kamoro (YPMAK) merevitalisasi pabrik sagu di kampung Keakwa Distrik Mimika Tengah. Upaya ini bertujuan mempertahankan Sagu sebagai sumber pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan juga sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat.

PENGEMBANGAN MASYARAKAT (KEAKWA)

YAYASAN SOMATUA mendampingi dan mendorong masyarakat Suku Kamoro Distrik Mimika Tengah untuk mengembangkan potensi pariwisata wilayah pesisir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayahnya. potensi yang mereka miliki adalah wisata Mangrove, wisata Sejarah, wisata Religi, dan keindahan pantai.

Wisata Mangrove

Wisata Sejarah

Wisata Religi

Wisata Pantai