Ini Dia Jalur Pendakian Ideal ke Puncak Cartensz

Kampung Wisata Ugimba, Papua jadi gerbang ideal untuk pendakian ke Puncak Cartenz

Liputan6.com, Papua Kampung Wisata Ugimba di Kabupaten Intan Jaya, Papua, kini menjadi pintu penjelajahan paling ideal untuk menaklukkan Puncak Carstensz.

Seperti yang dilansir dari Indonesia.Travel, Senin (29/9/2014), penetapan Ugimba sebagai kampung wisata diiringi dengan penandatanganan Prasasti Puncak Cartensz sebagai daerah unggulan wisata dan Kampung Ugimba sebagai desa wisata di Papua.

Kegiatan penandatanganan dilakukan di Gedung Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (23/9) oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu disaksikan Bupati Intan Jaya Natalis Taboni, Tito Karnavian dari Mabes Polri dan pernah menjabat Kapolda Papua, Gories Mere dan Lennis Kogoya dari Ketua Lembaga Adat Papua, perwakilan dari Pemda Provinsi Papua, Pemda Kabupaten Intan Jaya, dan tokoh masyarakat adat Desa Ugimba.

Dalam sambutannya, Mari Elka mengutarakan bahwa penetapan dua destinasi unggulan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program Kemenparekraf untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan.

“Penetapan Kampung Ugimba sebagai kampung wisata akan berperan ganda sebagai pemberdayaan masyarakat sekaligus menjaga konservasi alam Puncak Carstensz Pyramid dimana selama ini dikenal sebagai satu-satunya puncak gunung di wilayah tropis yang memiliki salju abadi. Destinasi unggulan ini juga diharapkan berperan dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar obyek wisata yang menjadi bagian penting dari program pariwisata berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Cartensz Adventure, Maximus Tipagau menyampaikan kepada Indonesia.travel bahwa penandatangan dua prasasti tersebut menempatkan tujuan wisata minat khusus Puncak Cartensz akan sama dengan tempat Wisata Raja Ampat di Papua Barat. Hal ini juga sebagai langkah awal mulai bekerja bersama agar Cartensz dan Kampung Ugimba dapat dijadikan tempat wisata yang layak dikunjungi wisatawan serta menepis isu negatif terkait isu keamanan.

“Isu-isu negatif selama ini dihembuskan untuk menghalau masuknya wisatawan asing ke Cartensz. Dengan penandatanganan ini kami berharap mendapat perhatian khusus”.

Putra kelahiran Desa Ugimba, Intan Jaya itu mengatakan, selama ini dirinya telah bekerja keras agar dapat meyakinkan pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Penetapan Kampung Ugimba sebagai kampung wisata sendiri merupakan usulan masyarakat setempat yang diajukan melalui Yayasan Somatua.

Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Wijaya merupakan satu dari lima gunung di Bumi yang paling diidamkan para pendaki dari seluruh dunia. Jalur pendakian Carstensz yang umum yakni Sugapa-Ugimba-Carstensz memungkinkan pendaki untuk mampir ke desa wisata Ugimba.

Potensi wisata yang bisa digali di kawasan sekitarnya cukup beragam, di antaranya ada Sungai Kemabu yang bisa dijadikan lokasi arung jeram, Sungai Nabu yang memiliki aliran terbalik menuju ke arah Gunung Carstensz, sungai berbau harum dan menghasilkan garam, padang golf alami di Putigapa, hingga flora dan fauna endemik seperti anggrek lokal dan hewan endemik langka, yaitu dingiso.

Sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2110760/ini-dia-jalur-pendakian-ideal-ke-puncak-cartensz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

Translate »
Open chat