Kunjungan Ketua Bhayangkari Papua & Rombongan Di Taman Baca Kemala Somatua

Kunjungan Ketua Bhayangkari Papua & Rombongan Di Taman Baca Kemala Somatua

Pada hari Jumat, 26 Juli 2019, Taman Baca Kemala Somatua mendapatkan kunjungan istimewa dari Ketua Bhayangkari Polda Papua, Ny. Drg. Yosefina Purnawirati Rodja. Dari pukul 08.00 WIT anak-anak sudah antusias membersihkan lingkungan sekolah dan merapikan kelas masing-masing untuk menyambut kedatangan rombongan Ibu Kapolda Papua. Sementara itu, 8 orang siswa yang terpilih yakni Jaret, Bule, Deti, Melince, Otina, Dina, Efrata, dan Perana mempersiapkan diri dengan latihan tarian penyambutan yang dibantu oleh Pak Lamhot dan Ibu Sisil. Beberapa kali mereka membuat kesalahan dalam gerakan tangan maupun kaki, namun hal itu tidak meruntuhkan semangat mereka untuk terus berlatih sampai bisa tampil maksimal. Setelah selesai latihan, semua siswapun diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan diri dan berkumpul lagi pukul 12.30 WIT.

 

Pada pukul 13.00 semua siswa dan tim Yayasan Somatua sudah berkumpul di Taman Baca Kemala Somatua untuk melakukan persiapan sebelum kedatangan rombongan Ibu Kapolda Papua yang dijadwalkan tiba pukul 14.00 WIT. Siswa yang bertugas untuk tarian penyambutan, memakai berbagai aksesoris wajah, kepala, tangan dan berlatih beberapa kali untuk lebih memantapkan penampilannya nanti.

Setelah menunggu selama hampir 3 jam, Ibu Kapolda Papua dan rombongan tiba di Taman Baca Kemala Somatua pukul 16.00 WIT. Rombongan disambut dengan tarian “pangkur sagu” yang dibawakan oleh siswa Taman Baca Kemala Somatua. Terlihat rona bahagia terpancar dari wajah Ibu Kapolda Papua, Ny. Drg. Yosefina Purnawirati Rodja, ketika melihat anak-anak menari dengan lincahnya meski di dalam hujan. Tarian berakhir dengan dikalungkannya Noken di leher Ibu Kapolda oleh Deti Kobogau. Anak-anak kembali ke kelas masing-masing dan rombongan Ibu Kapolda mulai meninjau fasilitas yang ada di Taman Baca Kemala Somatua, didampingi oleh Pak Rofin. Ibu Kapolda Papua sangat terkesima dengan fasilitas maupun program belajar yang ada di Taman Baca Kemala Somatua. Kelas pertama yang dikunjungi adalah Honai Mpaigelah yang diperuntukan untuk anak-anak kecil. Didampingi oleh Ibu Sisil, Ibu Kapolda mengajarkan beberapa suku kata kepada anak-anak dan sesekali mengajukan pertanyaan-pertanyaan ringan. Selanjutnya, rombongan Ibu Kapolda Papua mengunjungi honai Carstensz, dimana sering digunakan untuk tempat belajar mama-mama. Disini Ibu Kapolda bertanya mengenai motivasi mama-mama untuk belajar padahal usia mereka sudah tidak muda lagi. Beliau sangat tersentuh ketika mengetahui alasan mereka untuk semangat belajar agar dapat membaca Alkitab.

Kelas terakhir yang dikunjungi adalah honai Ugimba dimana anak-anak yang sudah mampu calistung biasanya belajar. Ada satu anak yang menarik perhatian Ibu Kapolda Papua karena kepintarannya, yaitu Japance Gayamopa. Japance baru saja kembali dari Jakarta untuk menerima beasiswa dalam acara HUT Telkom. Pada kesempatan itu, Ibu Kapolda Papua meminta Japance untuk menceritakan pengalamannya selama di Jakarta. Awalnya malu-malu, Japancepun akhirnya memberanikan diri dan meceritakan pengalamnnya dengan bahasa sederhananya yang sesekali mengundang tawa. Sebelum meninggalkan kelas, Ibu Kapolda Papua menyempatkan diri untuk menyanyikan lagu “Head Shoulders Knees & Toes” bersama anak-anak di kelas.

Setelah puas berinteraksi bersama anak-anak dan mama-mama, Ibu Kapolda Papua dan rombongan kemudian bergerak menuju GKII Horeb. Disini mereka menyempatkan diri untuk berbagi kasih dengan ibu-ibu PERKAWAN GKII Horeb. Pada pukul 17.30 WIT Ibu Kapolda Papua beserta rombongan pamit, penanda kunjungan telah berakhir. Semua warga Taman Baca Kemala Somatua bahagia dan menantikan kunjungan berikutnya dari Ibu Ketua Bhayangkari Polda Papua.

Amakane!

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

Translate »
Open chat