MAXIMUS TIPAGAU: DIRJEN PEMBINAAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA KERJA MENGUNJUNGI STC

Somatua Training Center (STC) yang belokasi di Jalan Cenderawasih SP 2, Timika Papua, mendapatkan kunjungan khusus dari Plt Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Tri Retno Isna, Tri Retno Isnaningsih, SH, MSi, pada Selasa, 9 Maret 2021. Kunjungan ini langsung di terima kasih Direktur Yayasan Somatua Maximus Tipagau-Waukateyauw yang langsung mendampingi beliau ke Somatua Training Center dan lokasi pelatihannya di Belakang Pemda (SP) Timika, Papua.

Kunjungan ini memberikan semangat baru bagi STC yang baru berjalan kurang dari 2 tahun namun sudah menunjungkan perannya dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) orang asli Papua.

Yayasan Somatua di dirikan Maximus untuk mengembangkan 3 bidang utama: Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi yang terpusat di beberapa wilayah kabupaten diantaranya Mimika, Intan Jaya dan Nabire. Pembinaan-pembinaan yang di lakukan oleh Yayasan Somatua adalah komitment besar Sang Gladiator Papua, sebutan kepada Maximus, untuk memajukan Papua yang sangat penting dalam agenda nasional Republik Indonesia.

Kedepan kemitraan akan di bangun bersama pemerintah-pemerintah di tanah Papua dan Papua Barat dan lebih luas lagi dengan pemerintah pusat di Jakarta. Kerjasama ini terus di dorong oleh Yayasan Somatua.

Sementara ini, Septinus George Saa memimpin Somatua Training Center dimana kedepannya, akan di kelola langsung oleh putra/i Orang Asli Papua dan lebih khususnya lagi salah satu anak muda dari 7 suku di wilayah operasi PT. Freeport.

Dalam kunjungan ini juga hadir perwakilan PT. Freeport Tn. Demi Magai yang ikut langsung melihat aktivitas di Somatua Training center dan juga di pantau langsung oleh pimpinan dari Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Mimika, Tn. Paulus Yanengga.

Maximus menyampaikan bahwa semangat membangun SDM tanah Papua yang terpusatkan di Kab. Mimika dan di inisiasi oleh saya adalah bentuk kepedulian saya untuk memajukan saudara-saudara saya agar mereka juga memiliki kemampuan dan kompetensi untuk dapat bersaing di pasar kerja dan juga diserap ke mitra-mitra perusahaan yang ada di tanah Papua serta khususnya perusahaan multinasional seperti PT. Freeport, BP Indonesia dan juga perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di tanah Papua di kemudian hari. Semangat kerja nyata ini perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak yang peduli akan kemajuan Papua terkhususnya kemajuan SDM orang asli Papua.

Tulisakan Oleh Septinus George Saa

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

Translate »
Open chat