Profil Yayasan Somatua

https://yayasansomatua.org/wp-content/uploads/2018/05/sf-logo-300x269px-e1526433972472-300x269.png

Yayasan Somatua

YAYASAN SOMATUA adalah sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan memberdayakan masyarakat Papua seutuhnya dalam bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

YAYASAN SOMATUA didirikan sebagai manifestasi dari keinginan mendalam untuk mewujudkan kemajuan masyarakat Papua sebagai bagian dari negara Republik Indonesia.

Latar Belakang Berdirinya Yayasan

Papua adalah tanah yang kaya dengan aneka sumber daya alam dan budaya. Meski demikan,  sebagian besar masyarakatnya hidup miskin, tak berdaya, dan tak terjamah. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan betapa rendahnya kualitas kehidupan masyarakat  Papua. Kemajuan di berbagai bidang terasa sangat berat terlebih di kantong-kantong pedalaman.

YAYASAN SOMATUA melihat bahwa akar masalah paling vital  terletak pada ketiadaan akses pendidikan dan kesehatan yang berdampak pada masalah ekonomi. Didirikan tahun 2012 oleh seorang putra daerah, Yayasan Somatua berkomitmen dalam upaya menyadarkan masyarakat Papua akan potensi-potensinya sekaligus memberdayakan mereka dalam bidang pendidikan, kesehatan, danekonomi. Ketiga sendi kehidupan ini dianggap menjadi pilar bagi masyarakat Papua untuk membangun dan menata sumber daya alamnya sendiri demi menuju kehidupan yang lebih sejahtera.

 

Filosofi Nama Yayasan

SOMATUA adalah nama yang diberikan oleh nenek moyang suku Moni kepada sebuah gunung di sekitar pegunungan Jayawijaya dan Puncak Carstensz yang selalu terang pada siang maupun malam hari. Dengan menyandang nama Somatua, yayasan ini selalu menjadi terang yang member cahaya harapan bagi kehidupan masyarakat Papua yang lebih baik. Karena terang Somatua datang dari tempat yang tinggi di puncak Carstensz, maka dapat dilihat banyak orang. Dengan demikian, karya Yayasan Somatua diharapkan mampu menjadi cahaya inspirasi bagi banyak orang, khususnya masyarakat Papua.

Visi Dan Misi

VISI :

Membawa masyarakat Papua menuju pintu gerbang kesejahteraan dalam berbagai bidang kehidupan.

MISI :

Mendukung kemajuan bidang pendidikan melalui pembangunan taman baca masyarakat dan sekolah

Menyediakan tenaga pengajar berkualitas bagi sekolah-sekolah yang dibangun

Menyelenggarakan program-program kesehatan bagi masyarakat Papua yang tidak mampu

Mengelola potensi komoditas unggulan dengan melibatkan masyarakat lokal untuk mendukung kemajuan ekonomi masyarakat Papua

//yayasansomatua.org/wp-content/uploads/2018/05/Bagan-Yayasan.png

Program Dalam Bidang Ekonomi

Saat ini Yayasan Somatua sedang berupaya untuk mengangkat potensi ekonomi lokal melalui budidaya "kopi Arabica khas Moni". Tanaman kopi di kawasan pegunungan tengah Papua sudah dikembangkan oleh missionaris sejak puluhan tahun lalu, dan saat ini Yayasan Somatua berusaha untuk meningkatkan jumlah tanaman sekaligus melatih masyarakat untuk budidaya dan pengolahan pasca panen secara benar. Yayasan Somatua sedang mengupayakan untuk pengadaan alat pengolah biji kopi dan pemasaran kopi di dalam negeri maupun

Selain itu, Yayasan Somatua juga sedang menjajaki kemungkinan untuk mengembangkan potensi garam dari air pegunungan di Intan Jaya yang dapat menjadi sumber kebutuhan yodium bagi masyarakat lokal maupun dikomersialkan ke luar daerah. Saat ini potensi garam ini masih diolah secara tradisional. Yayasan Somatua berusaha memfasilitasi pengolahan yang lebih modern dan higienis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat lewat usaha ini.

Program Dalam Bidang Kesehatan

YAYASAN SOMATUA menaruh perhatian besar pada masalah kesehatan masyarakat Papua yang selama ini terkendala masalah geografis, finansial, dan pendidikan. Salah  satu wujudnya adalah bekerja sama dengan doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) untuk melangsungkan pelayanan medis dalam bentuk Flying Doctors (Dokter Terbang).

Pelayanan medis Flying Doctors telah berlangsung beberapa kali di sejumlah titik di Kabupaten Intan Jaya dalam bentuk pengobatan umum, bedah minor, dan penyuluhan kesehatan.

Pelayanan medis pertama berlangsung 16 – 18 Maret 2015 di Sugapa, Titigi dan Mamba (20 pasien bedah minor, 439 pasien pengobatan umum, dan 245 siswa peserta penyuluhan kesehatan). Pelayanan medis kedua berlangsung pada 24 – 29 Juni 2015 di Desa Bilogai, Sugapa, dan Desa Gagemba (551 pasien pengobatan umum dan 27 pasien bedah minor).

Program kesehatan dan pendidikan akan disinergikan dengan program bidang pendidikan dalam bentuk kerja sama antara sekolah atau taman baca dengan Dinas Kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas untuk menjamin terjaganya kesehatan anak-anak yang merupakan aset masa depan Papua.

Program Dalam Bidang Pendidikan

Pendidikan adalah kunci penting untuk mewujudkan masyarakat Papua yang cerdas dan berdaya saing. Saat ini YAYASAN SOMATUA sudah mengusahakan untuk mendirikan bangunan sekolah di kampung Ugimba di Kabupaten Intan Jaya serta memberikan bantuan beasiswa bagi anak-anak dari suku Moni yang berprestasi.

Yayasan Somatua telah membangun sebuah taman baca yang dinamai Kemala Somatua di Jl. Anggur SP2 Jalur III, Timika yang diresmikan oleh Ibu Kapolri Ny. Tri Tito Karnavian pada tanggal 30 Maret 2018. Taman Baca Kemala Somatua juga dijadikan tempat belajar bagi 70-an anak-anak dan 20-an ibu-ibu.

Dalam jangka panjang, Yayasan Somatua berencana membangun fasilitas pendidikan mulai dari tingkat PAUD sampai universitas, untuk memastikan bahwa generasi muda Papua mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi tanpa meninggalkan budaya lokal.

Berdonasilah bersama kami!

Anda dapat mengambil bagian dalam kepedulian pada Papua baik melalui ide, gagasan, partisipasi waktu, tenaga, materi, dana atau apapun yang akan berarti bagi Papua. Mari kita bicarakan!

0Shares
Translate »
Open chat