Wamena, 18 Maret 2024 – Kesepakatan antara Yayasan Somatua dan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan untuk menjalin kerja sama membangun Sumber Daya Manusia melalui program pelatihan kerja adalah langkah yang patut diapresiasi. Sebagai sebuah provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi induk Papua, Provinsi Papua Pegunungan membutuhkan banyak SDM handal untuk memacu laju pembangunan di wilayah tersebut. Meskipun saat ini adalah tahun politik di mana banyak tokoh sibuk mempersiapkan perhelatan pemilihan kepala daerah perdana di provinsi-provinsi lama dan baru, pengembangan SDM penunjang pembangunan harus tetap menjadi prioritas utama.

Kebijakan untuk menjalin kerja sama antara kedua pihak ini membuktikan perhatian anak-anak asli Papua terhadap pembangunan SDM di tengah masyarakatnya sendiri. Sebagaimana direncanakan, 40 calon peserta pelatihan akan dikirim ke Timika, Papua Tengah untuk mengikuti pelatihan kerja selama tiga bulan. Delapan kabupaten yang ada di Provinsi Papua Pegunungan masing-masing akan mengirimkan lima orang perwakilannya dalam program pelatihan ini. Ini adalah langkah awal yang luar biasa dan diharapkan akan berkesinambungan.

Program ini akan membantu meningkatkan keetersediaan tenaga kerja lokal terutama untuk pembangunan infrastruktur di wilayah Provinsi Papua Pegunungan. Selain itu, program pelatihan kerja sama Pemda Provinsi Papua Pegununtan dan Yayasan Somatua ini akan melahirkan tenaga profesional lokal sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap pekerja-pekerja yang berasal dari luar daerah. Membangun daerah sendiri dengan hati nurani menjadi salah satu nilai yang akan ditanamkan pada para calon peserta pelatihan.

Dengan menggulirkan program kerja sama ini kedua pihak sepakat menempatkan kepentingan pengembangan SDM di atas kepentingan yang lain. Menjadikan anak-anak Papua memiliki kemampuan dan keterampilan kerja dan siap dipakai adalah bakti kemanusiaan yang yang sangat berharga. Melalui program pelatihan kerja para peserta akan meningkatkan level kecakapannya dan mempunyai nilai lebih di dunia kerja. Ini adalah bagian penting dari proses memanusiakan manusia: legasi paling berharga yang dapat ditanamkan pada sebuah generasi.(YS)

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *